//
you're reading...
Tak Berkategori

KAB Goes to Sidomuncul

Beberapa bulan yang lalu, KAB dan beberapa punggawanya beserta mahasiswa pertanian lainnya melakukan kunjungan industri ke PT Sidomuncul yang bertempat di Semarang. Kunjungan Industri (KUIN) ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Kewirauahaan dan Penelitian KAB yang direalisasikan pada 16 Januari 2014.

Berikut ini pemaparan dari salah satu peserta KUIN yaitu Ira Rhabiyyatun S. (Departemen Keilmuan KAB), mengenai hasil kunjungan ke PT Sidomuncul.

PT Sidomuncul adalah agroindustri yang bergerak di bidang Farmasi, dimana bahan yang digunakan adalah tumbuhan yang ada dialam yang sebagian besar adalah hasil dariproduk pertanian. Dengan bekal kreatifitas PT sidomuncul bias memanfaatkan tumbuhan liar seperti alng-alang menjadi bahan pokok suatu produk jamu yang sangat berkhasiat untuk obat. Tentu saja, dengan hasil kreativitas tersebut PT sidomunul bias terus maju sampai saat ini bukan hanya di Indonesia, akan tetapi sampai manca Negara.

PT Sidomuncul patut dicontoh oleh para petani Indonesia, bayangkan jika semua petani di Indonesia bisa mengolah hasil produksi sampai ke tahap agroindustri, perekonoian petani Indonesia pasti akan maju. Selain itu, bisa mengurangi angka pengangguran karena akan menyerap banyak tenaga kerja.

Kreativitas memang merupakan modal utama untuk bisa menghasilkan sebuah inovasi baru. Untuk menghasilkan sebuah inovasi, maka harus mempunyai sifat dinamis dengan belajar dan terus belajar untuk bias berkembang. Konsisten dan pantang menyerah juga sangat diperlukan untuk mencapai sebuah kesuksesan, aksi sama dengan reaksi itu memang pernyataan yang benar. Jika usaha kita sudah maksimal, maka hasil yang kita peroleh juga akan optimal.

Tidak ada kesuksesan yang instan, PT Sidomuncul membutuhkan waktu bertahun-tahun sehingga bisa berdiri seperti sekarang. Ulet dan tekun adalah kunci usaha peningkatan ke arah yang lebih baik dan bias terus maju. Jatuh bangun adalah suatu hal yang wajar dalam suatu proses, semua proses tidak ada yang tidak mempunyai tantangan, semua itu bias teratasi  tergantung yang menyikapi dan menghadapinya. Maka, kebijaksanaan dalam mengambil suatu keputusan adalah hal yang sangat diperlukan supaya tidak salah jalan dalam pencapaian tujuan.

Berkat kerjasama orang-orang yang hebat didalamnya PT Sidomuncul banyak mendapatkan penghargaan mulai dari tingkat nasional sampai penghargaan internasional. Dengan kerjasama, memang beban besar akan terasa ringan karena saling bahu membahu satu sama lain sehingga bias saling melengkapi kekurangan satu sama lain yang pada akhirnya menghasilkan produk yang bagus baik kuantitas maupun kualitasnya.

 Gambar

Demikian sepotong motivasi dari KAB Goes to Sidomuncul, nantikan KUIN berikutnya dan nantikan cerita selanjutnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KAB Archive

KAB Photos

Lebih Banyak Foto

laman facebook resmi KAB

Twitter Terbaru

agri sms

Buku

Buku Klinik Agromina Bahari
%d blogger menyukai ini: