//
you're reading...
reportase

KAB 2013 : Menjadi Fondasi Keilmuan yang Inklusif, Prestatif, dan Ideologis

Kamis, 7 Maret 2013, hampir sebagian besar punggawa KAB merapat di Auditorium Fakultas Pertanian UGM. Tepat pukul 15.45 WIB acara Launching Klinik Agromina Bahari kabinet Ideologis Prestatif dimulai. Tamu undangan dari luar KAB terlihat duduk membaur dengan para punggawa KAB. Mereka adalah Sekjend Study Club Communication Forum (SCCF), ketua Gama Cendekia, serta rekan-rekan dari berbagai lembaga KSF seperti Fosmapet, Denta Paramitha Fakultas Kedokteran Gigi, Agritech Study Club Fakultas Teknologi Pertanian, Forestry Study Club Fakultas Kehutanan, Serta lembaga non KSF seperti BEM Fakultas Kedokteran Hewan, DEMA Fisipol, dan para pejuang pertanian dari lembaga DEMA, HMJ, dan BSI Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Kehadiran mereka, menambah semangat dan memberi makna bagi para pengurus harian KAB yang akan segera mempublikasikan kepengurusan barunya.

Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Hymne Gadjah Mada untuk me-refresh semangat dan idealisme agar tetap sama seperti para Gadjah Mada Muda ketika melantunkan lagu kebanggan kampus rakyat ini. Acara selanjutnya adalah pemutaran video PH KAB 2012 di bawah kepemimpinan Ari Akbar Devananta (Perikanan, 2010). Timbul sebuah kesan dan apresiasi yang tinggi karena dokumen foto-foto kepengurusan beliau menunjukkan sebuah kerja keras mewujudkan mimpi besar KAB sejak awal didirikan, yaitu menjadi Badan Semi Independen (BSI) Fakultas Pertanian UGM.

Inti acara pada launching kali ini adalah presentasi program kerja yang dibuka dengan penjabaran visi misi ketua KAB 2013, Andhika Rakhmanda (Perikanan, 2010). Visi KAB tahun ini adalah “Menjadikan KAB sebagai fondasi keilmuan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada yang inklusif, prestatif, berlandaskan ideologis” dengan lima misi yang dibawa. Beliau menyampaikan dengan tegas dan runtut mulai dari mengapa KAB harus inklusif, hingga bagaimana kemudian prestatif itu diletakkan sebagai efek dari kepahaman ideologis dalam bergerak. Selesai penjabaran dan sambutan yang begitu filosofis dari Ketua KAB 2013, tibalah giliran pengurus harian KAB yang mempresentasikan program dan ranah kerja departemen mereka. Mereka adalah sekretaris, bendahara, sekjend, dan ketujuh kepala departemen, yaitu departemen penelitian, keilmuan, kewirausahaan, media, jaringan internal, jaringan eksternal, dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM).

Tahun ini KAB mencoba men-sinergiskan gerakan mahasiswa berbasis kelompok studi dengan berbagai warna gerakan mahasiswa yang ada seperti Dewan Mahasiswa (DEMA), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan Badan Semi Independen (BSI). Oleh karena itu, banyak dimunculkan program kerja yang sifatnya merangkul, men-sinergiskan, dan menyatukan mereka, salah satunya dengan menciptakan iklim interdispliner ilmu pertanian dan perikanan melalui diskusi rutin dari teman-teman Departemen Keilmuan. Departemen Jaringan Eksternal akan meneruskan Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset (PPMBR) di Madura dengan KSF lintas fakultas dan mulai merambah tahapan jaringan nasional. Departemen Jaringan Internal mencoba mensinergiskan gerak dan mencari ilmu dengan membangun silaturahmi dengan lembaga dan dosen di Fakultas Pertanian. Departemen Media mulai memasuki tataran stabilisasi pencitraan karya dan kegiatan KAB baik melalui jaringan sosial media maupun website. Tahun ini, Media KAB juga mulai aktif mensinergikan perannya ke departemen lain dengan penyebaran agen media, kemudian program kerja yang menjadi andalan departemen ini yaitu Sekolah Jurnalistik tahun ini akan dikembangkan dan digarap bersama seluruh lembaga di Fakultas Pertanian. Departemen kewirausahaan juga mulai membuat gebrakan baru dengan kunjungan agroindustri di Jawa Tengah. PSDM mulai menjalankan tujuh fungsi kaderisasi secara mantap dengan tambahan perangkat alur kaderisasi Pra Smart Camp 1. Teman-teman penelitian mengagendakan program kerja yang mepertimbangkan fungsi pengkaryaan seperti pada agenda perdana berupa pendampingan PKM AI-GT.

Launching KAB Kabinet Ideologis Prestatif ditutup dengan pemutaran video visualisasi mimpi PH KAB 2013. Kami berharap, dari video ini kami bisa mengingatkan diri kami dan punggawa KAB semua bahwa kami berani bermimpi dan kami siap mengubah dunia dari rumah kecil yang bernamakan Klinik Agromina Bahari. Terimakasih untuk lebih dari seratus aktivis dari KSF, HMJ, BSI, dan lembaga lain yang telah bersedia hadir. Kehadiran kalian adalah bagian dari kepingan semangat yang menggenapkan acara ini.

“Perahu ini belum menepi, bahkan baru berlayar di tepian samudra. Dayunglah dengan sabar karena aliran air dan terpaan angin akan ikut membantunya berlayar ke tempat tujuan” (Muthi’atun-Sekretaris I KAB)

“Jaringan Ekternal itu seperti Plasmodesmata, menghubungkan sel yang satu dengan sel yang lain dalam tubuh tumbuhan sehingga tercapai keseimbangan dinamis.” (Eka Putri A-Kadept Jaringan Eksternal KAB)

“Mari berjuang menjadi bunga. Bunga mencerminkan keindahan, keteraturan yang diinginkan semua orang. Bunga menjanjikan keberlanjutan, sebagaimana para suksesor peradaban. Bunga mendasari perbaikan, sebagaimana harapan bangsa. Bunga mencipta makanan, memberi penghidupan, mempersembahkan hak. Semerbak harum bunga, kebaikan yang kita tinggalkan. Bunga adalah kenangan, menciptakan sejarah. Untuk KAB 2013” (M. Mujadid F-Kadept Media KAB)

“Inilah rumah kami. Tempat kami menempa diri dan tempat kami mengambil amunisi semangat untuk bergerak.. Dari sudut rumah ini, kami siap mengubah dunia dan menggetarkan mimpi bersama” (Nungki H-Kadept PSDM KAB)

“Hanya seseorang yang mengabdikan dirinya untuk suatu alasan dengan seluruh kekuatan dan jiwanya yang bisa menjadi seorang guru sejati”(Ria-Kadept Kewirausahaan KAB)

“Klinik Agromina Bahari adalah sebuah organisasi kelompok studi yang terbentuk dari orang-orang yang hebat, Sehingga terbentuk kaderisasi yang memiliki jiwa kompeten, profesional dan kontributif dalam pertanian ksususnya dan masyarakat pada umumnya.” (Astri-Bendahara KAB)

“KAB itu seperti padi, walaupun ia terus berisi, ia tetap merunduk dalam-dalam” (Restu-Kadept Jaringan Internal KAB)

… Ketika saya bertanya kepada teman-teman Pengurus Harian, “Apakah kalian merasa berkorban sesuatu?“. Mereka menjawab, “Kami tidak merasa berkorban apapun mas, karena seperti yang mas bilang, kami bergerak karena Cinta.” Betapa negeri ini, umat ini, rakyat ini, lebih kami cintai daripada diri kami sendiri. Dari sini, dari rumah ini katakan bahwa kami generasi yang akan membangun pertanian Indonesia, kami generasi yang akan membangun perikanan Indonesia dan mulai saat ini saatnya berteriak bahwa sepuluh tahun lagi Indonesia akan berdaulat. (Andhika Rakhmanda – dalam Prolog Visualisasi Mimpi KAB)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KAB Archive

KAB Photos

Lebih Banyak Foto

laman facebook resmi KAB

Twitter Terbaru

agri sms

Buku

Buku Klinik Agromina Bahari
%d blogger menyukai ini: