//
you're reading...
reportase

PKM Corner Part 2 : a Deeper Introduction to PKM AI/GT

Gambar

Kegiatan PKM Corner merupakan salah satu kegiatan yang menjadi program kerja Departemen Penelitian Klinik Agromina Bahari (KAB). Kegiatan ini berisi sosialisasi dan diskusi yang berkaitan dengan PKM. PKM Corner part 2 merupakan kelanjutan dari PKM Corner part 1 dan PKM Guiding (pendampingan) dari beberapa kelompok yang dibentuk KAB. Berbeda dengan PKM Corner part 1 yang lebih fokus pada sosialisasi PKM GT-AI, pada part 2 lebih berfokus kepada materi pemantapan bagi staf KAB serta mahasiswa Fakultas Pertanian dalam bidang penulisan karya tulis PKM (Program Kreativitas Mahasiswa).

Pada kegiatan PKM Corner part 2, Departemen Penelitian mengundang Kak Ari Akbar Devananta (Ketua Klinik Agromina Bahari Periode 2012) untuk menjadi narasumber tunggal. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Pertanian UGM pada umumnya dan pengurus KAB pada khususnya. Peserta yang hadir pada kegiatan ini berjumlah 33 mahasiswa, yang didominasi oleh mahasiswa angkatan 2012. Antusiasme para peserta yang hadir terlihat sangat tinggi, terbukti pada pukul 15.45 para peserta telah hadir dan siap mengikuti kegiatan meskipun acara baru dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Kegiatan PKM Corner part 2 bertempat di selasar Auditorium Harjono Danoesastro Fakultas Pertanian UGM pada hari Jum’at, 1 Maret 2013 pada pukul 16.00 -17.30 WIB. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memantik dan memacu semangat mahasiswa Pertanian UGM untuk lebih memantapkan diri dalam budaya menulis karya ilmiah serta melatih gagasannya untuk menyelesaikan persoalan yang ada dalam masyarakat dalam bentuk tulisan khususnya PKM. Selain itu, dengan diadakannya kegiatan ini, peserta diharapkan mampu mengenali dan memahami macam-macam karya tulis dan perbedaan antara PKM AI dengan PKM GT.

GambarGambar

Alhamdulillah, kegiatan PKM Corner part 2 ini berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir, meskipun terdapat sedikit gangguan dikarenakan di dalam Auditorium Fakultas Pertanian pada saat yang bersamaan sedang berlangsung gladi bersih GEMPA (Gelegar Mahasiswa Pertanian). Akan tetapi, dengan semangat dan antusiasme para peserta dan panitia, hal tersebut dapat dikondisikan dan tidak menjadikan halangan berlangsungnya kegiatan PKM Corner part 2.

Dalam prosesnya kegiatan berjalan secara interaktif, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang dimunculkan peserta. Salah satu penanya bertanya mengenai tips-tips dalam memperoleh inspirasi atau ide sebanyak-banyaknya, dan dengan jelas Kak Ari menjelaskan bahwa cara yang paling baik adalah dengan membiasakan diri kita untuk peka terhadap lingkungan sekitar, lalu merenunginya (merenungi permasalahan bangsa), atau dengan cara berdiskusi dengan tokoh-tokoh yang berkompeten, serta mencatat setiap ide yang sehari-hari muncul dalam sebuah buku catatan kecil, agar tidak terlupakan dan suatu saat dapat direalisasikan.

Akhirnya sekitar pukul 17.30 WIB kegiatan PKM Corner part 2 selesai dengan kesan mendalam tentang perjuangan dalam bidang ilmiah untuk bagaimana agar kita merasa lebih mantap dalam mengeksplorasi ide, mengembangkan ide dan menulis ide serta mengaplikasikan ide kepada mayarakat, khususnya yang sejalan dengan  visi Klinik Agromina Bahari, yaitu menjadi kelompok studi mahasiswa mitra masyarakat petani dan nelayan.

Diskusi

One thought on “PKM Corner Part 2 : a Deeper Introduction to PKM AI/GT

  1. It’s amazing to go to see this site and reading the views of all mates concerning this post, while I am also eager of getting knowledge.

    Posted by Frye | April 27, 2013, 2:20 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KAB Archive

KAB Photos

Lebih Banyak Foto

laman facebook resmi KAB

Twitter Terbaru

agri sms

Buku

Buku Klinik Agromina Bahari
%d blogger menyukai ini: