//
you're reading...
opini

Terimakasih Ketua KAB 2012, Selamat Datang Ketua Baru KAB Periode 2013 Thank You Mas Ari, Welcome Mas Andhika

Sekitar setahun yang lalu, kami duduk bersama dalam sebuah ruangan di gedung A4 bernomor 311 di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Waktu itu tahun 2011. Setiap orang di ruangan itu menjadi wakil dari lembaga mereka masing-masing. Beberapa adalah dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan yang lainnya dari Badan Semi Independen (BSI) Fakultas Pertanian serta luar Fakultas Pertanian UGM. Selebihnya adalah para punggawa KAB, baik dari kalangan alumni, pengurus harian, staff biasa, serta muda-mudi pengejar mimpi, yang baru saja menapakkan kakinya dalam barisan KAB. Kami yang tergabung dalam forum kecil di ruangan itu, tidak main-main, tetapi bermusyawarah menyatukan suara untuk kelangsungan KAB setahun berikutnya. Perdebatan untuk perbaikan AD/ART dan GBPK, serta suksesi Ketua Umum dan pembentukan DFPO menjadi agenda wajib dan tidak bisa dianggap remeh.

Keputusan hari-hari itu adalah agenda yang akan kami jalani setiap hari setahun ke depan, orang yang kami pilih adalah yang suaranya akan kami dengarkan dan kami taati, dan keputusan itu pula-lah yang akan menentukan bagaimanakah kami dan bagaimanakah KAB di akhir tahun berikutnya. Maka wajar, suara yang keluar, argumen yang digunakan, merupakan buah pemikiran kritis dan logis dari para peserta musyawarah. Tidak mudah, bahkan sulit, karena setiap pemegang hak bicara memiliki suaranya masing-masing, dan tidak jarang, mengarah pada sebuah perpecahan yang tak diinginkan. Bingung, tentu saja. Namun, setiap perbedaan selalu teratasi. Suara yang pecah selalu menyatu. Dan pada akhirnya, tersebutlah satu nama yang nantinya akan memegang panji lembaga yang kami bicarakan. Salah satu keputusan terpenting musyawarah besar itu adalah, bahwa Klinik Agromina Bahari (KAB) selama periode tahun 2012 akan dipimpin oleh seorang yang bernama Ari Akbar Devananta, sebagai Ketua Umum. Maka ucapan selamat, “barakallah”, dan sebuah amanah yang tidak main-main diterimanya. Kami berdoa untuknya, agar dilimpahkan padanya kekuatan fisik, ketahanan mental, kecerdasan emosi, kedewasaan, kesabaran, dan keistiqomahan, agar pada dirinya, senantiasa tertancap idealisme sebagai seorang pemimpin.

GambarMas Andhika

Hari-hari kami lalui bersama. Berbagai masalah dan konflik yang menghadang, kami selesaikan bersama. Kami pernah terjatuh, tersandung, kelelahan, dan bosan, namun sosoknya tak pernah memperdengarkan keluhannya pada kami. Entah kekuatan macam apa yang dia punya. Mungkin saja, dia menangis dalam kesendiriannya, ketika semua bebannya tak mampu terbagi. Namun sekembalinya pada kami, yang ditunjukkannya hanya senyum yang membangkitkan, sedangkan rasa takut itu, tangisannya itu, dia telah mengalahkannya. Begitulah kami menilai pemimpin kami, Ari Akbar Devananta.

Tanpa terasa, satu tahun berlalu. Usia kami sejak pertama merapatkan barisan di KAB-pun telah sampai pada akhir tahun pertama. Detik demi detik, menit demi menit, jam beranjak, hari berganti, akhirnya waktu membawa kami menduduki ruangan yang sama. Seperti deja vu, hal-hal yang kami lalui terjadi kembali. Tahun telah berganti 2012. Semua orang berkumpul dalam ruangan A4.311 Fakultas Pertanian UGM. Wajah lama dan wajah baru berbaur. Kami berargumen, berdebat, dan bersepakat, untuk sebuah tujuan yang sama. KAB satu tahun ke depan. Dan yang terpenting, siapakah Ketua Umum KAB di periode 2013?

Kami beragumen, kami menyajikan fakta selama satu ke belakang, kemudian kami mendukung, lalu kami menolak. Kami membicarakan satu demi satu tokoh yang telah berjasa merintis KAB dari awal kepengurusan tahun lalu hingga saat ini. Begitu alot perdebatan yang terjadi di antara kami. Namun sebagaimana yang terjadi, perpecahan selalu berakhir dengan persatuan. Maka sekali lagi, disebutlah satu nama yang akan memimpin kami selama satu tahun berikutnya. Andhika Rakhmanda. Sosok yang menurut kami layak dijadikan sebagai seorang pemimpin, sosok yang kami percaya akan mengarahkan kami. Sekali lagi, kami berdoa dengan dengan doa yang sama, di keheningan malam, semoga Tuhan memberikan kekuatan, ketabahan, kejernihan pikiran, dan senantiasa membara semangat juangnya.

Dari hati kami yang paling dalam, kami mengucapkan terima kasih kepada ketua kami di periode 2012, dan selamat datang untuk ketua kami yang baru, untuk periode 2013. Terima kasih untuk mas Ari yang tidak pernah menampakkan rasa lelah, yang selalu menjumpai kami dengan wajah berseri, tak pernah kehilangan senyumnya, dan yang selalu berpikir cepat dan sistematis. Ketua yang telah membawa kami sampai sejauh ini, ketua yang telah memberi kami banyak pelajaran berharga dalam hidup kami, dan ketua yang telah mempertemukan kami dengan orang-orang hebat yang belum pernah kami temui sebelumnya. Tanpa dia sadari, dialah salah satu dari orang hebat itu.

Selamat datang ketua kami yang baru. Ketua yang punya sejuta solusi, ketua yang tak pernah terlihat panik walaupun dihadapkan pada masalah dan tantangan mendadak, ketua yang bersikap tenang dan memberi energi positif. Selamat berjuang. Together, we can do it!

Diskusi

One thought on “Terimakasih Ketua KAB 2012, Selamat Datang Ketua Baru KAB Periode 2013 Thank You Mas Ari, Welcome Mas Andhika

  1. wuih, mas dika melankolis yah, kayak di drama korea gitu…
    tapi jangan sampai KAB tahun ini jadi melankolis kayak fotonya, hahahhaaa…..
    #pilihan fotonya bagus jadid, nyolong foto dimane tuh?

    Posted by Putri | Desember 30, 2012, 11:50 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KAB Archive

KAB Photos

Lebih Banyak Foto

laman facebook resmi KAB

Twitter Terbaru

agri sms

Buku

Buku Klinik Agromina Bahari
%d blogger menyukai ini: