//
you're reading...
reportase

Mahasiswa UGM Lakukan Pengembangan Pendidikan Berbasis Sumberdaya Lokal

Pendidikan merupakan modal utama pembangunan sosial ekonomi suatu bangsa. Keberhasilan pembangunan suatu bangsa juga ditentukan oleh keberhasilan dalam membangun sumberdaya manusia yang erat hubungannnya dengan pembangunan pendidikan. Masalah pendidikan seperti kurangnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran sampai putus sekolah yang berujung pada pengangguran terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu kelompok masyarakat yang lekat dengan istilah kemiskinan dan keterbelakangan pendidikan adalah masyarakat nelayan. Sistem pendidikan yang masih mengacu pada kompetensi dasar saja dirasa masih kurang dalam menyadarkan masyarakat untuk memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia.   Wawasan tentang potensi sumberdaya lokal diperlukan oleh anak-anak nelayan yang terbatas akses pendidikannya agar mereka dapat mengenali, menganalisa, dan mengembangkan sumberdaya lokal di daerahnya masing-masing. Wawasan mengenai sumberdaya lokal ini diharapkan memiliki dampak jangka panjang dalam hal perbaikan kualitas pendidikan dan ekonomi masyarakat nelayan.

Laskar Bahari merupakan salah satu wujud pengabdian mahasiswa perikanan Universitas Gadjah Mada terhadap masyarakat, khususnya nelayan. Melalui program kreativitas mahasiswa bidang pengabdian masyarakat (PKM-M), tim yang yang dimotori oleh  Ferri Setiawan, Sandra Agustina, Windi Amelia, Drajad Sarwo Seto, dan Tyas Ismi melaksanakan program pengembangan pendidikan berbasis sumberdaya lokal terhadap nelayan di Desa Purwodadi. Didampingi Suadi, S. Pi., M. Agr. Sc., Ph. D., kelima mahasiswa ini berperan sebagai fasilitator dalam membantu masyarakat nelayan untuk mengenal, menganalisa, dan memanfaatkan sumberdaya lokal yang dimiliki daerahnya. Sumberdaya lokal yang dipelajari lebih terarah pada bidang perikanan dan pertanian karena dirasa sumberdaya perikanan-pertanian Desa Purwodadi cukup melimpah dan belum termanfaatkan secara optimal. Pengembangan pendidikan yang berbasis sumberdaya lokal merupakan strategi untuk mendekatkan dan mengenalkan siswa dengan berbagai potensi sumberdaya alam, sosial dan ekonomi di sekitar mereka.

Tanggapan positif diperoleh dari tokoh masyarakat dan perangkat desa Purwodadi terhadap program PKM-M ini. “Kami sangat mendukung kegiatan pembelajaran pemuda desa disini, karena sebagian besar pemuda kerjanya masih kurang pasti, kadang kerja, kadangg tidak”, terang ibi Suprihatin selaku Kepala Desa Purwodadi. Tingginya minat dari peserta didik dapat dilihat dari rasa antusias mereka dalam mengikuti rangkaian acara yang disusun oleh Tim PKM-M Laskar Bahari UGM. Ketika ditanya lebih lanjut, Ferri selaku ketua tim menerangkan bahwa dalam kegiatan ini kami melakukan pembelajaran di balai desa bekerjasama dengan penyuluh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunung Kidul dan Mahasiswa Perikanan UGM.

Respon positif dan apresiasi juga diberikan pemerintah Kabupaten Gunung Kidul pada saat pameran produk PKM-M dalam event lomba desa 5 April lalu. “Bagus sekali jika produk olahan yang dikembangkan berbahan baku utama sumberdaya lokal semuanya, hal ini sejalan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar salah satu pengunjung ketika membeli produk PKM-M Laskar Bahari. Saat ini sudah terbentuk dua kelompok dari peserta didik PKM-M Laskar Bahari yaitu kelompok pengolahan ikan dan kelompok pembudidaya lele lahan kering. Program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengelola sumberdaya lokal yang ada di daerah masing-masing, khususnya Desa Purwodadi.

Ferri Setiawan, Drajad Sarwo Seto, Sandra Agustina, Tyas Ismi Trialfhianty, Windi Amelia, Suadi, S. Pi., M. Agr. Sc., Ph. D

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KAB Archive

KAB Photos

Lebih Banyak Foto

laman facebook resmi KAB

Twitter Terbaru

agri sms

Buku

Buku Klinik Agromina Bahari
%d blogger menyukai ini: