//
you're reading...
reportase

SEMINAR BEASISWA 5 BENUA

Apa yang terlintas di benak pembaca, ketika mendengar kata beasiswa? Tentunya menarik minat untuk mendapatkannya bukan? Pasti pembaca bertanya-tanya,bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut, terlebih itu adalah beasiswa keluar negeri. Salah satu upaya untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri adalah dengan browsing internet. Beasiswa keluar negeri sering terlintas di benak mahasiswa sebagai beasiswa yang sulit untuk dicapai dan tidak ada info secara terang-terangan. Maka dari itu kelompok Study di Fakultas Pertanian, Klinik Agromina Bahari menghadirkan sesuatu yang baru yakni Seminar Beasiswa Internasional 5 Benua. Acara ini bertujuan untuk menjembatani mahasiswa yang memiliki keinginan kuliah keluar negeri baik S1,S2,maupun S3.

Sabtu, 22 Oktober 2011 di Gedung A4.310 Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada telah dilaksanakan Seminar Beasiswa 5 Benua oleh Kelompok Studi Klinik Agromina Bahari. Tema yang diangkat adalah “Jelajahi Dunia dengan KAB”.  Seminar tersebut menghadirkan para pembicara yang notabene pernah menghabiskan masa-masa kuliah di Luar Negeri.  Seminar beasiswa ini, menampilkan pembicara berpengalaman seperti Pak Hamdan, pramateri dari benua Afrika, Pak Ginus Partadiredja dari benua Australia, Mas Akbar dari benua Eropa, Bu Noer Kasanah dari benua Amerika, dan Pak Murwantoko dari benua Asia. Kebanyakan dari mereka merupakan dosen di UGM. Pada seminar tersebut, mereka bercerita tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut, Bagaimana kebudayaan dan keadaan baik sosial sampai pada keadaan iklim disana, Bagaimana cara beradaptasi dan lain sebagainya. Banyak topik yang dibahas dalam pembicaraan ini.

Seminar beasiswa keluar negeri menjadi tidak asing lagi bagi mahasiswa, mereka dapat mengaplikasiskannya dan termotivasi untuk mendapatkannya. Hal tersebut terlihat oleh antusiasme para mahasiswa dalam mengajukan berbagai pertanyaan, yang tentunya sangat menggelitik jika tidak dijawab. Seminar beasiswa tersebut setidaknya seperti suatu wadah sharing antar para pembicara dengan peserta seminar. Mereka terlihat lebih terbuka dalam penyampaian materi sesuai dengan benua yang pernah disinggahi, sehingga banyak mahasiswa yang tertarik untuk bertanya.

Sekilas Seminar tersebut tampak sederhana, tetapi dengan adanya kehadiran para moderator, maka seminar tersebut terasa semakin hidup. Moderator yang sempat mengisi acara ini adalah Andhi Susanto Mahasiswa S1 Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM, M. Zia Anggiawan,S.E. Mahasiswa Lulusan S1 Ilmu Akutansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, dan Imam Wibisono Mahasiswa S1 Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian UGM. Ketiga moderator membuat suasana tampak meriah selain faktor Peran Master of Ceremony pada acara tersebut.

Di akhir acara, peserta disuguhi penampilan Tari Saman dari salah satu kelompok UKM di Gelanggang Mahasiswa yang tak kalah menarik.

Nur Kusumastuti (HPT’10) dan Ari Akbar (THP’10)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KAB Archive

KAB Photos

Lebih Banyak Foto

laman facebook resmi KAB

Twitter Terbaru

agri sms

Buku

Buku Klinik Agromina Bahari
%d blogger menyukai ini: