//
you're reading...
opini

KPK lebih dari sekedar ideologi

KPK. Tiga bilangan huruf ini terasosiasi sangat kuat pada sebuah lembaga pemberantasan korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai sebuah institusi memiliki citra positif di tengah masyarakat. Di sisi lain, sederet nama yang tergabung di dalamnya terkenal memiliki integritas tinggi dalam pemberantasan korupsi. Namun, di sini kita tidak akan panjang-lebar membahas KPK sebagai sebuah institusi penanganan korupsi.

KPK yang disebut-sebut dalam buku ini adalah suatu konsep bergerak sebuah kelompok studi. KPK: Kompetensi, Profesionalitas, Kontribusi. Sekilas, konsep ini begitu mudah dipahami. Kompetensi, berarti kapasitas dan kemampuan individu dalam suatu bidang tertentu. Prosefionalitas, menunjukkan kualitas pekerjaan yang excellent, mendekati sempurna, dan jauh dari cacat. Kontribusi, tak lain adalah wujud kepekaan terhadap sekeliling, baik kepada pribadi maupun lingkungan.

KPK lahir dari sebuah perenungan mengenai arah aktivitas mahasiswa yang mampu menjawab tantangan zaman. KPK mencoba mengadaptasi konsep e=mc milik Einstein. Tentu saja bukan pada derivasi rumus tersebut, melainkan adaptasi konsep penulisannya yang brilian. Sebuah konsep yang baik merupakan perpaduan antara kesederhaan dan kompleksitas. Sederhana, hingga suatu konsep dapat dengan mudah dipahami oleh siapapun-bahkan oleh individu dengan latar belakang kepakaran yang minim. Kompleks, karena setiap detail konsep yang terkandung di dalamnya saling menguatkan dan berpadu menjadi kesatuan yang (tampaknya) sederhana. Kompleksitas inilah yang menarik para ahli untuk terus mencari derivasi dan jawaban atas sebuah konsep ilmiah, karena setiap detailnya selalu menuntun pada detail lain yang membangkitkan rasa ingin tahu dan kreativitas berpikir berbasis kepakaran.

Sekali lagi, KPK bukan jargon satu malam yang lahir tanpa pertimbangan yang matang. KPK mencoba mengadaptasi logika brilian Einstein dalam memformulasikan konsep Fisika modern. Kali ini, KPK merupakan hasil renungan panjang yang juga memiliki banyak derivasi, interdependensi, dan aplikasi.

Bila dicermati lebih lanjut, KPK tak hanya bicara dalam tataran individu. KPK merupakan ruh pergerakan baru aktivitas mahasiswa yang terangkum dalam sebuah sistem. Sebut saja pengelolaan SDM, manajemen organisasi, dan tentunya peningkatan kapasitas keilmuan-yang semuanya teraktualisasi dalam sebuah wadah bernama kelompok studi mahasiswa.

Download Buku KPK : Mengenal KPK lebih dalam

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KAB Archive

KAB Photos

Lebih Banyak Foto

laman facebook resmi KAB

Twitter Terbaru

agri sms

Buku

Buku Klinik Agromina Bahari
%d blogger menyukai ini: